Optimalisasi Pelayanan RS Reksa Waluya Dengan Upaya Healing Environment

Optimalisasi Pelayanan RS Reksa Waluya Dengan Upaya Healing Environment


Optimalisasi Pelayanan RS Reksa Waluya

 

 

Setelah membuat perbaikan fisik gedung di beberapa bagian, RS Reksa Waluya juga berupaya meningkatkan kepuasan pasien dengan menambah keindahan interior ruangan. Hal ini untuk menciptakan healing environment atau upaya terapi psikologi dengan membuat suasana interior yang mampu meningkatkan rasa nyaman, tenang dan damai untuk pasien.

 

Mengoptimalkan pelayanan holistik (menyeluruh) menjadi salah satu nilai dalam visi RS Reksa Waluya. Memenuhi kebutuhan bio, psiko, sosio dan spiritual pasien menjadi tanggungjawab manajemen rumah sakit. Berusaha memahami psikologi pasien saat sakit yang cenderung down, lemah dan membutuhkan dukungan, manajemen RS Reksa Waluya mewujudkan upaya healing environment. Sementara dalam hal spiritual RS Reksa Waluya sangat menghargai perbedaan keyakinan yang ada dan memfasilitasi kebutuhan spiritual sesuai keyakinan pasien. Pada akhirnya, lukisan menjadi pilihan untuk mempercantik ruangan yang ada di rumah sakit, khususnya di ruang rawat inap pasien. Bekerja sama dengan seniman lokal Mojokerto, Masrukhan, RS Reksa Waluya merealisasikan nilai pelayanan holistik dan bersifat universal ke dalam bentuk lukisan.

“Jadi garam dunia tidak boleh membatasi action dengan perbedaan. Semakin memahami keyakinan, tentunya harus semakin baik untuk semua orang. Ruangan yang ada adalah milik semua. Tidak ada pesan yang membatasi (universal). Mengharapkan adanya lukisan yang menyejukkan dan membawa damai, saat sakit orang menjadi lebih tenang, sejuk dan merasa Tuhan masih sayang dengan semua umat,” ungkap Direktur RS Reksa Waluya, drg. Ida Irmawati, M. Kes., M. H. Kes. terkait pesan lukisan untuk penunjang healing environment.

Setelah menginterpretasikan nilai tersebut, Masrukhan memutuskan memilih gambar flora yang cantik, elegan dan menyejukkan dengan pilihan warna yang menggugah semangat. Lukisan dengan pesan universal untuk semua umat, membuat yang sakit menjadi kuat dan semangat. Selain media lukisan, healing environment di RS Reksa Waluya juga ditumbuhkan dengan menata Ruang Terbuka Hijau (RTH) di area taman Siloam dan taman Fisioterapi. Harapan kami, manajemen RS Reksa Waluya, dengan upaya healing environment ini, visi dan misi dapat terwujud dan tersampaikan. Orang yang sakit harus tetap bahagia, semangat dan bangkit.

**Informasi serupa juga dapat diakses di media timesindonesia.com dengan judul “RS Reksa Waluyo Mojokerto Manfaatkan Lukisan Seniman Lokal untuk Terapi Psikologi” yang diterbitkan pada hari Kamis, 25 Agustus 2022.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *